Home » , » Tips Merawat Gitar dan Keyboard

Tips Merawat Gitar dan Keyboard

Written By Unknown on 1/30/2013 | 11.51

Tips Merawat Gitar dan Keyboard

Hobi tiap orang memang berbeda-beda, kadang walaupun sama-sama menyukai dunia musik sekalipun, anda pasti miliki kemampuan yang berbeda satu dengan lainnya. Misalkan anda suka menyanyi, sedangkan kakak anda memilih memetik gitar dan adik anda memainkan keyboard. Nah, bila justru anda yang lebih suka memainkan keyboard dan gitar, pasti anda tidak mau dua alat musik kesayangan anda itu rusak ataupun lecet. Oleh sebab itu anda harus tahu benar bagaimana caranya merawat dua alat musik anda tadi. Yuk, intip apa saja yang dapat anda lakukan untuk menjaga alat musik kesayangan anda;
 

Merawat gitar


Senar

Bagian senar perlu dirawat dan dibersihkan secara berkala diseluruh bagiannya menggunakan bahan kaus yang lembut. Bila perlu, anda juga bisa membasahi dengan cairan string cleaner yang dapat anda temukan di toko alat music untuk menjaga senar gitar anda tetap bisa dipakai dan tidak rusak.

Body guitar

Tidak hanya senar, body dari gitar anda pun perlu dirawat dengan cara dilap seluruh bagiannya, agar tetap mengkilap. Jika anda merasa kurang, anda dapat memakai guitar polish untuk membuat gitar kesayangan anda semakin kinclong.

Letakkan gitar dengan posisi yang tepat

Kalau selama ini anda suka sembarangan saat meletakkan gitar anda, ada baiknya anda mulai membiasakan diri untuk menyimpan gitar anda dengan posisi yang benar. Karena posisi yang benar untuk meletakkan gitar adalah telentang, maka hangan pernah meletakkan gitar anda dengan posisi berdiri diantara dinding dan lantai.

Kendurkan senar

Saat gitar anda sedang tidak digunakan dalam waktu yang lama, misalnya saat anda sedang sibuk dengan tugas kantor atau tugas kuliah anda. Sebaiknya anda mengendurkan senar pada gitar anda agar neck pada gitar anda tidak melengkung.

Ganti senar

Perhatikan baik-baik suara yang dihasilkan oleh gitar kesayangan anda. Bila anda merasa suaranya sudah berunah dan bentuknya mulai berkarat, sebaiknya anda mengganti senar dengan yang baru.
 

Merawat keyboard


Menggunakan stabilizer

Sebelum menyambung keyboard anda pada stop kontak, sebaiknya anda menggunakan stabilizer untuk menjaga tegangan dari listrik. Karena bila tiba-tiba mati lampu, tegangan pada keyboard anda tidak akan mudah rusak.


Jangan merokok

Biasakan untuk tidak merokok selama anda memainkan keyboard. Hal ini penting untuk menghindari abu rokok yang secara tidak langsung akan masuk disela-sela tuts keyboard anda.

Hindari tetesan air dan keringat

Disarankan untuk mengutup seluruh body keyboard dengan kain atau plastik, jika keyboard anda tidak dimainkan untuk waktu yang lama. Hal ini untuk menjaga kebersihan keyboard dan menghindarkannya dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jaga dari benturan

Usahakan untuk menghindarkan keyboard anda dari benturan agar keyboard tidak menjadi lecet atau bagian dalamnya ada yang terlepas.

Jangan menekan tombol fungsional terlalu keras

Hindari menekan tombol fungsi terlalu keras karena akan menyebabkan kerusakan pada tombola tau kenob. Jika sekali saja anda menekan dengan keras, maka biasanya tombol tersebut hanya akan berfungsi jika ditekan dengan keras.
Share this article :

0 komentar:



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Kumpulan Informasi Menarik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger